Artikel

Bisakah Mencangkok Rambut Beruban

 

Oleh: Brian Alexis

Bisakah kita mencangkok atau mentransplantasikan rambut yang sudah beruban? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang mulai mengalami kerontokan rambut tua. Kerontokan rambut atau androgenic alopecia sudah lumrah terjadi pada pria maupun wanita karena faktor umur.

Jawaban dari pertanyaan tadi adalah “bisa”. Rambut kelabu atau putih pun dapat ditransplantasikan dengan mudah. Transplantasi sebenarnya tidak bergantung pada warna rambut. Banyak orang yang salah paham dan menganggap uban adalah rambut yang tidak sehat. Kesalahpahaman ini bisa dimaklumi, karena uban memang bukan rambut yang kuat, jadi mereka dianggap tidak bisa ditransplantasikan.

Tujuan utama di balik transplantasi rambut adalah memindahkan sebagian besar folikel yang sehat dan mengonsentrasikannya di area dimana mereka dapat memproduksi lebih banyak rambut yang sehat. Uban adalah rambut yang sehat dan kebanyakan diproduksi oleh folikel rambut yang sehat pula.

Sebagaimana kita tahu, rambut mendapat warna dari zat kimia yang bernama melanin. Produksi melanin dan jumlahnya ditentukan oleh gen masing-masing individu. Faktanya, ketika produksi melanin cenderung berhenti atau melambat, rambut kita mulai kehilangan warna alaminya. Jika pigmentasi berkurang warna rambut pun menjadi abu-abu, dan saat berhenti sama sekali maka ramput pun menjadi putih.

Belum ditemukan alasan tertentu mengapa produksi melanin dalam tubuh menurun. Tapi penjelasan umumnya berkaitan dengan siklus biologis yang biasanya mengendalikan produksi melanin dalam tubuh kita.

Tumbuhnya rambut kelabu atau putih adalah proses yang berhubungan dengan penuaan tubuh. Kebanyakan orang mulai beruban saat usia 50, tapi pada beberapa orang mungkin saja pada 20 tahun sudah beruban.

Banyak orang tidak sadar fakta bahwa transplantasi rambut itu aman untuk segala usia. Bahkan tercatat beberapa orang berumur 80 tahun yang sukses melakukan transplantasi rambut.

Kerontokan rambut adalah hal yang wajar bagi orang-orang berusia 80 tahun, sehingga lumrah bila ada yang menginginkan transplantasi rambut pada usia itu. Kebanyakan penyebab kerontokannya mungkin sama dengan penyebab kerontokan rambut pada orang-orang yang lebih muda: kondisi fisik, riwayat kesehatan, kondisi kulit kepala, dan pola kerontokan rambut.

Para dokter juga disarankan untuk mendiskusikan hasil yang mungkin didapatkan kepada pasien, mengingat hasilnya mungkin berbeda. Tergantung usia pasien.

Sumber: www.articlesnatch.com

Hubungi kami. Ahli kami siap membantu.