Surabaya Hairtrans Klinik
< Transplantasi Rambut

Platelet Rich Plasma

Platelet Rich Plasma (PRP)

Untuk mempercepat dan menaikkan tingkat keberhasilan tumbuhnya rambut, para ahli transplantasi rambut saat ini telah menggunakan Platelet Rich Plasma (PRP). Platelet adalah kandungan biologis yang terdapat dalam darah. Berukuran sedikit lebih kecil dibanding sel darah merah dan putih, platelet ini tidak mempunyai inti, sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai sel. PRP adalah plasma darah yang mengandung jumlah platelet lebih banyak dibanding jumlah yang umumnya ada pada darah. PRP diambil dari darah pasien sendiri. Mekanismenya seperti saat pasien mendonorkan darahnya sendiri sebelum melakukan operasi. Sehingga ketika diperlukan tindakan transfusi, darah pasien tersebut yang akan menjadi pilihan pertama dibanding darah yang didapat dari bank darah. Konsep ini memungkinkan pasien terhindar dari penularan penyakit dan risiko penolakan oleh tubuh.

Teknik untuk memproduksi PRP dan memanfaatkannya untuk mempercepat pemulihan jaringan paska pembedahan telah digunakan sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Selama masa tersebut, penggunaan PRP umumnya ditujukan untuk pasien yang mengalami pembedahan di rumah sakit. Kesulitan teknis untuk memproduksi PRP dalam jumlah yang mencukupi membuat penggunaan PRP masih sangat terbatas kala itu.

Kini, kecanggihan teknologi telah membuat penyiapan PRP menjadi lebih cepat dan efisien. PRP kemudian digunakan secara luas pada pembedahan spesialis. Bedah transplantasi rambut adalah salah satunya.

PRP pada Transplantasi Rambut

Penggunaan PRP ditujukan untuk mempercepat penyembuhan dan pertumbuhan rambut hasil transplantasi. Untuk tujuan ini, terdapat tiga fungsi PRP, yaitu:
1. Untuk memelihara dan meningkatkan kemungkinan hidup follicle rambut selama dan sesudah prosedur transplantasi.
2. Untuk mendukung dan meningkatkan perbaikan jaringan dan penyembuhan setelah transplantasi rambut.
3. Untuk memungkinkan follicle rambut hidup dan aktif kembali dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Proses Pembuatan PRP

A. Darah diambil dari lengan pasien menggunakan syringe, seperti prosedur lazim di laboratorium.
B. Tube yang berisi darah yang telah diambil dimasukkan pada centrifuge dan diputar selama beberapa saat dengan kecepatan dan waktu tertentu untuk memisahkan komponen plasma dari darah.
C. Proses sentrifugasi ini akan memisahkan sel darah merah dan putih serta platelet dalam beberapa level di dalam tube. Plasma darah yang kaya akan platelet diambil pada level tertentu. Plasma yang disebut PRP mengandung jumlah platelet 4 sampai 8 kali lebih besar dibanding jumlah platelet pada plasma normal. Dengan sedikit persiapan tambahan, PRP siap digunakan.

Copyright © 2010 Surabaya Hairtrans Clinic. All rights reserved